Pemrograman Web : PHP 2

Setelah membahas awalan untuk php pada postingan sebelumnya, yang akan di bahas pada postingan ini yaitu:

  1. Array

Array merupakan variabel khusus yang dapat menyimpan beberapa nilai dalam satu variabel tunggal. Contoh penulisannya

$pacar1=”Sehun”;
$pacar2=”Chanyeol”;
$pacars3=”Baekhyun”;

Salah satu jenis array yaitu array Asosiatif, yaitu tidak menggunakan integer sebagai indeks, namun menggunakan string untuk indeksnya. contoh penulisannya:

$harga[‘Fossil’] = “32000”;
$harga[‘LV’] = “35000”;
$harga[‘Gucci’] = “45000”;

2. Fungsi

Terdapat dua fungsi pada PHP yaitu built-in function merupakan fungsi yang sudah tersedia di PHP dan user-defined function merupakan fungsi yang tidak ada pada php dan dibuat sendiri oleh programer.

cotoh fungsi built-in adalah:

Fungsi matematika             : sin, cos, tan, deg2rad, dll.

Fungsi tanggal dan waktu : date, chechdate.

Fungsi string                        : strlen, strpos, strtolower, strtoupper, substr, dll.

penulisan fungsi UDF

function namafungsi([parameter]){

   statement;

   statement;

   …

}

 

Pemanggilan UDF :

$varhasil = &namafungsi([parameter]);

Tanda “&” adalah tidak mutlak, karena PHP otomatis akan menganggapnya sebagai fungsi karena tidak di dahului oleh tanda $.

3. Modularisasi

Modularisasi maksudnya yaitu  pembuatan suatu program berdasarkan modul-modul. Setiap modul dikembangkan untuk tujuan tertentu. Modul dapat berupa fungsi atau prosedur.

  • Require
    Statement ini dipakai ketika membaca setiap nilai variabel dan fungsi dari sebuah file lain. Cara penulisannya adalah :
    require (namafile);
    Tidak dapat dimasukkan dalam suatu struktur looping seperti while atau for. Karena hanya memperbolehkan pemanggilan file yang sama sekali saja.
  • Include
    Stetement Include yaitu menyertakan isi file tertentu didalam file. Jadi saat menuliskan include pada suatu program, pada outpunya file yang di include akan ikut terpanggil. Include dapat diletakkan di dalam suatu looping seperti dalam statement for atau while. Penulisannya:
    include(namafile);

Latihan 1

  1. menampilkan array dengan menunjuk nomor indeksnya

1

Output dari program diatas yaitu memanggil setiap nama dengan menggunakan indeks $anak[0] dan seterusnya seperti gambar dibawah ini

1a

 

2. Pemakaian fungsi built-in : Matematika

2

Program diatas yaitu program yang menggunakan fungsi built-in atau fungsi yang sudah terdapat dalam php yaitu pow, sqrt, ceil, dan floor yang artinya terdapat pada sisi komentar. maka outputnya adalah:

2a

3. Pemakaian fungsi Built-in: String

3

Untuk program diatas menggunakan fungsi built-in strtolower, strtoupper, dan str_replace yang artinya strtolower = kalimat menjadi huruf kecil semua, strtoupper =  tulisan menjadi besar semua, dan str_replace = untuk mengganti suatu string, unuk memperjelas dapat dilihat output dibawah ini

3a

baris pertama merupaka strtolower, baris kedua merupakan strtoupper, dan baris ketiga menggunakan str_replace yaitu mengganti kata “menyenangkan” menjadi “yaa gitu”

4. Pemakaian Fungsi UDF : Dengan Nilai Balik

4

Program diatas menggunakan UDF yaitu membuat fungsi sendiri. Fungsi yang dibuat yaitu psgpjg  yang maksudnya adalah persegi panjang. Jadi, pada persegi panjang terdapat $pjg yang berarti variabel panjang dan $lbr berarti variabel lebar. dan untuk menghitung $luas menggunakan rumus panjang x lebar atau $pjg*$lbr. Lalu terdapat $bil1 dan $bil2 sebagai var pengganti untuk $pjg dan $lbr. maka saat memanggil “hasil $luas” maka outputnya:

4a

5. Modularisasi menggunakan include

a. file contoh include.php

5

outputnya:

5a

b. file memanggil file diatas

55

outputnya:

55a

Karena di file kedua terdapat include(“contoh include.php”); maka saat file kedua di panggil file pertamapun akan terpanggil di halaman file kedua.

Latihan 2

  1. Mencari nilai max dari 4, 6, 2

21

Program diatas bertujuan untuk mencari nilai maximum dan rata-rata dari angka 4,6, dan 2. dengan menggunakan fungsi built-in yaitu max untuk maximum dan avg untuk average atau rata-rata. maka, didapat hasil sebagai output dibawah ini.

rata2

2. Buat program kalkulator sederhana dengan berupa: 2 bilangan yang akan di proses (dalam bentuk array), operator bilangan, dan berikan footer dalam bentuk include. Input:

Bilangan 1: 4

Bilangan 2: 7

Operasi: +

Output: 11

22

file contoh include.php

5a

file footer.php

22foot

Pada program diatas, utnuk header saya menggunakan file contoh include.php yang sudah dibuat untuk latihan sebelumnya, dan untuk file footer.php didalamnya cukup berupa sintaks untuk menampilkan seder garis. maka output yang dihasilkan berupa:

22a

Latihan 3

  1. Buatlah program dengan mengunakan araay untuk menghitung penjumlahan antara 2 matriks dimensi 2×2.

32

32a

Array $a merupakan matriks a yang terdiri dari 2, 3, 9, dan 7. Sedangkan untuk array $b merupakan matriks b yang terdiri dari 9, 3, 7, dan 2, dan array $c merupakan penjumlahan antara matriks $a dan matriks $b sehingga dihasilkan output seperti gambar diatas.

 

Referensi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s